Info Terkini Manfaat Melinjo Untuk Kesehatan

1000 macam manfaat - Pasti Anda sudah pernah memakan emping. Emping dibentuk dari biji melinjo. Melinjo yang mempunyai nama latin Gnetum gnemon Linn merupakan spesies flora berbiji terbuka yang berbentuk pohon. Melinjo mempunyai julukan berbeda ditiap daerah, menyerupai tangkil (sunda), mlinjo (jawa), khalte (kamboja), mulieng (Aceh), manenjo (Belitung), dan bago (melayu). Melinjo digunakan sebagai materi masakan menyerupai sup, emping dan lain-lain. Walaupun mempunyai rasa yang pahit, biji melinjo juga mempunyai kandungan gizi yang diharapkan tubuh. Kandungan gizi dalam biji melinjo antara lain lemak, sodium, karbohidrat, serat, protein, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, kalsium, zat besi, kalium, fosfor, magnesium, seng, tembaga, mangan. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Tri Agus Siswono dari Universitas Jember, mengemukakan bahwa acara antioksidan dalam biji melinjo setara dengan vitamin C. Aktivitas antioksidan ini diperoleh dari konsentrasi protein tinggi, 9-10 persen dalam tiap biji melinjo. Protein utamanya berukuran 30 kilo Dalton, protein tersebut sangat efektif untuk menghabisi radikal bebas penyebab aneka macam macam penyakit, menyerupai hipertensi, kolesterol tinggi, penyempitan pembuluh darah, penuaan dini, dan lain-lain. Manfaat apa sajakah yang ditawarkan oleh melinjo? Berikut uraian mengenai manfaat melinjo bagi kesehatan.
 Melinjo yang mempunyai nama latin Gnetum gnemon Linn merupakan spesies flora berbiji te Info Terkini Manfaat Melinjo Untuk Kesehatan
Manfaat Melinjo Untuk Kesehatan

Mencegah Kanker dan Tumor
Antioksidan merupakan senyawa yang sanggup melindungi sel-sel sehat dari imbas radikal bebas. Kandungan antioksidan dalam melinjo ternyata sanggup membantu menangkal radikal bebas yang berasal dari polusi yang berada disekitar kita dan contoh hidup yang tidak sehat yang sanggup memicu datangnya serangan kanker atau tumor sehingga sel-sel dalam badan kita terproteksi.

Mencegah Anemia
Zat besi yang terdapat dalam melinjo sanggup membantu kinerja sel darah merah dalam memasok oksigen keseluruh badan dengan pemberian hemoglobin. Apabila badan kekurangan senyawa zat besi, otomatis pasokan sel darah merah tidak terpenuhi dan berakibat pula pada kinerjanya.

Mencegah Penuaan Dini
Penuaan dini sanggup disebabkan lantaran serangan radikal bebas yang berasal dari contoh hidup yang tidak sehat atau lantaran polisi disekitar kita yang sanggup menciptakan penampilan kulit menjadi lebih tua. Penuaan dini sanggup ditandai dengan kulit yang semakin keriput, bintik hitam dan kulit yang tidak elastis. Konsumsi buah melinjo sanggup mencegah penuaan dini lantaran kandungan materi antioksidan alami dalam buah melinjo. Namun dalam mengkonsumsi melinjo janganlah berlebihan.

Bahan Alami untuk Hipertensi
Bahan antioksidan yang ditemukan pada manfaat buah melinjo, juga sangat baik untuk mencegah penyakit tekanan darah tinggi. Penyakit tekanan darah tinggi sanggup mengakibatkan jenis penyakit komplikasi menyerupai stroke dan jantung. Sebuah protein khusus yang ditemukan pada buah melinjo sanggup mengatasi problem tekanan darah tinggi.

Antimikroba Alami
Kandungan peptida yang diisolasi dari biji melinjo diketahui  memiliki fungsi dalam menghambat beberapa jenis basil gram positif dan negatif. Itu artinya protein melinjo juga sanggup digunakan sebagai pengawet alami masakan sekaligus obat gres untuk penyakit yang disebabkan oleh bakteri.

Obat Luka
Jika Anda mengalami luka, Anda sanggup mencoba mengobatinya dengan daun buah melinjo. Cara membuatnya dengan menumbuk daun melinjo dengan komplemen bawang putih. Oleskankan ramuan yang tadi ditumbuk pada luka selama beberapa dikala lalu bilas dengan air bersih. Luka akan menjadi cepat kering lantaran kandungan antioksidan alami yang terdapat dalam daun melinjo.

Itulah ulasan singkat mengenai manfaat melinjo untuk kesehatan. Namun perlu Anda ketahui bahwa memang melinjo sanggup menjadikan asam urat lantaran kandungan purinnya. Peningkatan asam urat terjadi lantaran asupan purin tinggi dari masakan secara hiperbola dan gangguan metabolisme purin. Makara sebaiknya janganlah hiperbola dalam mengkonsumsi melinjo. Semoga bermanfaat.
Sumber http://www.1000macammanfaat.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Info Terkini Manfaat Wedang Uwuh Untuk Kesehatan

Info Terkini Manfaat Daun Kucai Untuk Kesehatan

Info Terkini Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan