Info Terkini Manfaat Puasa Untuk Kesehatan

1000 macam manfaat - Apa yang Anda bayangkan jikalau Anda mendengar bahkan menjalani puasa? Haruskah Anda duka atau haruskah Anda senang? Yah... bergembiralah jikalau Anda melaksanakan ibadah puasa, baik itu berpuasa sunah ataupun puasa wajib. Selain Anda mendapat pahala dari niat yang Anda lantunkan dalam hati, Anda juga secara tak sadar telah menjaga dan memelihara kesehatan badan Anda dari racun-racun yang terakumulasi dalam tubuh. Kemudian puasa juga sanggup menghilangkan kelebihan lemak dalam badan kita, mengurangi kadar gula darah, contoh makan sehat yang teratur, meningkatkan kekebalan tubuh, dan masih banyak lagi. Meskipun untuk sebagian orang menjalani ibadah puasa dirasa cukup berat, namun dalam hal berpuasa ternyata terdapat keistimewaan untuk mendapat nasihat dari Tuhan berupa kebahagian, pahala berlipat, dan bahkan suatu muhjizat dalam kesehatan. Tuhan telah berjanji akan menawarkan berkah kepada orang yang berpuasa. Kemudian ditegaskan pula manfaat puasa melalui sabda Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh Ibnu Suny dan Abu Nu’aim: Berpuasalah maka kau akan sehat, Dengan berpuasa, akan diperoleh manfaat secara biopsikososial berupa sehat jasmani, rohani dan sosial. Lalu manfaat apa saja yang sanggup kita peroleh jikalau berpuasa? Berikut ulasan mengenai manfaat berpuasa untuk kesehatan.
 Apa yang Anda bayangkan jikalau Anda mendengar bahkan menjalani puasa Info Terkini Manfaat Puasa Untuk Kesehatan
Manfaat Puasa Untuk Kesehatan

Menurunkan Stress
Jika seseorang melaksanakan puasa dengan keadaan psikologis yang tenang, teduh dan tidak dipenuhi rasa amarah ketika puasa, hal ini ternyata sanggup menurunkan tingkat stress seseorang. Saat seseorang marah, maka terjadi peningkatan jumlah adrenalin sebesar 20-30 kali lipat. Jika adrenalin meningkat maka sanggup besar lengan berkuasa dalam memperkecil kontraksi otot empedu, penyempitan pembuluh darah perifer, meluaskan pembuluh darah koroner, meningkatkan tekanan darah arterial dan menambah volume darah ke jantung dan jumlah detak jantung. Adrenalin juga sanggup menambah pembentukan kolesterol dari lemak protein berkepadatan rendah. Semua hal tersebut ternyata sanggup meningkatkan resiko penyakit pembuluh darah, jantung dan otak menyerupai jantung koroner, stroke dan lainnya

Memperbaiki Kondisi Mental
Penelitian yang dilakukan oleh spesialis di Moskow dengan meneliti seribu penderita kelainan mental termasuk skizofrenia. Ternyata berpuasa sanggup mempengaruhi sekitar 65% dalam perbaikan kondisi mental yang bermakna. Dalam penelitian lainnya juga mengungkapkan bahwa dalam berpuasa khususnya puasa Ramadhan, sanggup mengurangi risiko kompilkasi kegemukan, melindungi badan dari kerikil ginjal, dan penyakit lainnya yang masih banyak lagi.

Mencegah Penyakit Jantung
Penelitian memperlihatkan bahwa disaat puasa terjadi peningkatan limfosit sampai sepuluh kali lipat. Walaupun keseluruhan sel darah putih tidak ada perubahan, ternyata sel T mengalami perubahan dan kenaikkan pesat. Pada penelitian terbaru mengungkapkan fakta bahwa terjadi penurunan kadar apo-betta, menaikkan kadar apo-alfa1 dibandingkan sebelum puasa. Kondisi tersebut sanggup menjauhkan serangan penyakit jantung.

Regenerasi Fungsi dan Kinerja Sel
Saat sedang menjalani ibadah puasa, ternyata terjadi perubahan dan konversi yang masif dalam asam amino yang terakumulasi dari makanan, sebelum didistribusikan dalam badan terjadi format ulang. Sehingga, menawarkan kesempatan tunas gres sel untuk memperbaiki dan merestorasi fungsi dan kinerjanya. Pola makan ketika puasa sanggup mensuplai asam lemak dan asam amino penting ketika makan sahur dan berbuka. Sehingga terbentuk tunas-tunas protein , lemak, fosfat, kolesterol dan lainnya untuk membangun sel gres dan membersihkan sel lemak yang menggumpal di dalam hati. Jumlah sel yang mati dalam badan mencapai 125 juta perdetik, namun yang lahir dan meremaja lebih banyak lagi.

Memperlancar Sistem Pencernaan
Selama menjalankan puasa secara tidak eksklusif organ-organ pencernaan akan beristirahat mencerna makanan. Namun fungsi fisiologis pencernaan tetap berjalan normal, terutama produksi sekresi pencernaan. Kemudian sistem pencernaan juga memperoleh waktu untuk merevitalisasi dan meningkatkan fungsinya. Sehingga sangat membantu mengontrol keseimbangan cairan badan dan membersihkan badan dari sisa-sisa atau endapan makanan.

Demikian ulasan singkat mengenai manfaat puasa untuk kesehatan. Namun perlu diperhatikan pula bahwa dalam berpuasa tidak menghentikan produksi asam lambung, sehingga bagi penderita maag terutama yang sudah akut biar tetap berkonsultasi dengan dokter atau ahlinya sebelum menentukan berpuasa. Semoga ibadah puasanya diterima dan mendapat pahala, Amin...
Sumber http://www.1000macammanfaat.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Info Terkini Manfaat Wedang Uwuh Untuk Kesehatan

Info Terkini Manfaat Daun Kucai Untuk Kesehatan

Info Terkini Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan