Info Terkini Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan dan Pengobatan

1000 macam manfaat - Bagi anda yang gemar dengan memasak, niscaya sudah mengenal sekali dengan lengkuas. Lengkuas juga dikenal dengan sebutan laos. Lengkuas yang mempunyai nama latin Alpinia galanga termasuk dalam jenis umbi-umbian yang dimanfaatkan sebagai materi bumbu dapur tradisional oleh masyarakat Indonesia. Bagian lengkuas yang dipakai untuk memasak yaitu episode rimpang atau akarnya. Bagian rimpang yang dipakai sebagai materi embel-embel masakan, cara mencampurkannya cukup dengan mememarkan lengkuas kemudian dimasukkan dalam adonan kuliner yang sedang dimasak. Selain aroma khasnya yang dipakai sebagai materi bumbu masakan, lengkuas juga dipercaya sanggup dijadikan ramuan herbal alasannya di dalam lengkuas mengandung nutrisi yang cukup tinggi. Beberapa diantaranya yaitu zat besi, sodium, vitamin A, vitamin C, antioksidan (flavonoid dan fitonutrien), beta-sitosterol, emodin, galangin dan quercetin. Selain itu, lengkuas juga bersifat anti-inflamasi dan anti-oksidan yang berperan dalam mengurangi resiko peradangan tertentu. Dari kandungan yang terdapat dalam lengkuas, kemudian apa saja ya manfaat lengkuas untuk kesehatan dan pengobatan? Berikut ulasannya.
 niscaya sudah mengenal sekali dengan lengkuas Info Terkini Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan dan Pengobatan
Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan dan Pengobatan

Mencegah Kanker dan Tumor
Dalam studi yang dilakukan oleh peneliti dari Inggris, mengungkapkan bahwa lengkuas mengandung galangin yang terbukti mempunyai sifat antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Yang mana radikal bebas dianggap sanggup menjadikan pertumbuhan sel abnormal pemicu kanker dan tumor. Kaprikornus antioksidan sangatlah berperan penting sebagai protektif badan biar terhindar dari serangan kanker dan tumor.

Meredakan Radang
Lengkuas mengandung anti inflamasi yang mempunyai kegunaan untuk meredakan radang. Anti inflamasi juga berperan dalam dukungan diri badan kita untuk menghilangkan rangsangan penyebab luka dan inisiasi proses penyembuhan jaringan. Jika inflamasi tidak ada, maka luka dan nanah tidak akan sembuh dan akan menggalami kerusakkan yang lebih parah.

Mengurangi Kadar Kolesterol
Kandungan beta sitosterol telah diketahui sanggup mengurangi kadar kolesterol. Struktur beta sitosterol mempunyai kemiripan dengan kolesterol, sehingga sanggup memblokir absorpsi kolesterol dengan cara penghambatan kompetitif.

Mengurangi Gangguan Pernafasan
Dalam penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan Korea, mengemukakan bahwa lengkuas mengandung senyawa yang bisa menghambat oksida nitrat (NO) dan produksi lipopolisakarida (LPS). Sehingga lengkuas sanggup dipakai sebagai ramuan herbal untuk mengobati nanah terusan pernapasan episode atas ibarat bronkitis kronis dan batuk.

Mencegah Penyakit Jantung
Kemampuan hebat dari senyawa quercetin yang terdapat dalam lengkuas salah satu kegunaannya yaitu untuk mengurangi risiko penumpukan plak di arteri yang dikenal pula sebagai aterosklerosis. Kemudian anti inflamasi juga sanggup mencegah kerusakan akhir kolesterol LDL yang merupakan penyebab datangnya penyakit jantung.

Menambah Nafsu Makan
Tak ada salahnya kalau Anda mulai dari kini menambahkan lengkuas dalam banyak sekali kuliner yang akan Anda santap setiap hari terutama untuk anak Anda. Ternyata lengkuas sanggup menjadi salah satu andalan sebagai ramuan penambah nafsu makan lho.

Itulah ulasan mengenai manfaat lengkuas untuk kesehatan dan pengobatan. Bagi Anda yang belum memakai lengkuas sebagai bumbu kuliner Anda, tidak ada salahnya kalau Anda memulai memakai lengkuas sebagai materi penyedapmasakan Anda dan juga materi herbal untuk kesehatan Anda terutama keluarga Anda. Semoga bermanfaat.
Sumber http://www.1000macammanfaat.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Info Terkini Manfaat Wedang Uwuh Untuk Kesehatan

Info Terkini Manfaat Daun Kucai Untuk Kesehatan

Info Terkini Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan