Info Terkini Manfaat Kol Untuk Kesehatan

1000 macam manfaat - Kol yang mempunyai nama latin Brassica oleracea L., Kobis merupakan sayuran yang dimanfaatkan daunnya untuk dikonsumsi. Kol sama dengan kubis, sayuran yang sanggup dimakan dengan diacar, dikukus, direbus, ditumis, dan dimakan mentah atau lalapan. Tak ketinggalan, kol juga menjadi sebagai aksesori dalam masakan gado-gado. Ciri kol berbentuk krop dan dari warnanya kol ada yang berwarna hijau (forma viridis) dan ungu kemerahan (forma rubra). Segarnya sayur kol, ternyata mempunyai banyak kandungan gizi yang diharapkan tubuh yaitu antara lain vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan vitamin. Kemudian kandungan mineralnya antara lain kalium, kalsium, fosfor, natrium, dan besi. Dari kandungan gizi yang terdapat didalam sayur kol, tak heran bila terdapat banyak manfaat bagi kesehatan. Dalam dunia pengobatan tradisional, kol mempunyai kegunaan untuk mengobati peradangan. Sedangkan dalam ilmu kedokteran modern, kol sanggup dipakai sebagai sayuran anti kanker. Selain itu, masih banyak manfaat lain dari sayuran ini. Lalu apa saja manfaat kol bagi kesehatan? Berikut pembahasannya.
 Kol yang mempunyai nama latin Brassica oleracea L Info Terkini Manfaat Kol Untuk Kesehatan
Manfaat Kol Untuk Kesehatan

Mengatasi Anemia
Anemia terjadi alasannya yaitu kurangnya pasokan sel darah merah dalam tubuh sehingga kiprahnya dalam mengedarkan oksigen keseluruh tubuh terbengkalai sehingga tubuh terasa letih dan lemas. Zat besi merupakan zat yang berperan penting dalam proses pembentukan sel darah merah supaya kinerjanya lebih produktif.

Menurunkan Berat Badan
Kol merupakan salah satu sayuran yang sanggup Anda konsumsi sebagai sajian diet Anda. Kandungan serat yang tinggi dan rendah kalori yang terdapat dalam kol sanggup melancarkan sistem pencernaan sehingga tidak akan mengakibatkan berat tubuh Anda naik.

Detoksifikasi Tubuh
Kandungan vitamin C yang menghasilkan senyawa antioksidan ternyata berperan penting dalam tubuh. Salah satunya sebagai penangkal radikal bebas. Radikal bebas ini bisa berasal dari dalam atau luar tubuh yang sanggup menimbulkan tumbuhnya sel abnormal. Jadi, kalau Anda mengkonsumsi ikan goreng atau ikan bakar sebaiknya makanlah pula lalapan kol yang mempunyai kegunaan sebagai penetral.

Mencegah Kanker
Kandungan senyawa menyerupai seakan-akan sinigrin, lupeol dan sulforaphane berperan dalam menghambat pertumbuhan kanker dan tumor. Selain itu senyawa antioksidan yang berperan sebagai penangkal radikal bebas, juga sanggup mencegah datangnya sel kanker.

Melancarkan Sirkulasi Darah
Kandungan potassium yang terdapat dalam kubis ternyata bisa melebarkan pembuluh darah sehingga pedoman darah di seluruh tubuh tetap lancar.

Meningkatkan Kinerja Otak
Vitamin K dan antosianin yang terdapat dalam kol sanggup berperan dalam kesehatan mental dan konsentrasi otak. Nutrisi ini juga sanggup mencegah kerusakan saraf, meningkatkan pertahanan membantu mencegah penyakit Alzheimer, dan demensia.

Baik Untuk Kesehatan Mata
Beta-karoten yang terdapat dalam kol sanggup mencegah degenerasi makula dan sanggup meningkatkan kesehatan mata serta mencegah pembentukan katarak dan gangguan mata lainnya.

Baik Untuk Tulang dan Gigi
Kol mengandung senyawa mineral menyerupai kalsium, magnesium, dan kalium, yang mempunyai kemampuan untuk menjaga kesehatan tulang Anda.

Menyehatkan Jantung
Jantung sangat penting kiprahnya dalam kehidupan insan makanya perlu dijaga kesehatannya. Kandungan kalium yang terdapat dalam kol sangat baik untuk kesehatan jantung dan menjaga peredaran darah supaya tetap sehat dan terhindar dari penyumbatan pembuluh darah ke jantung.

Itulah pembahasan mengenai manfaat kol untuk kesehatan. Jika Anda tidak menyukai kol, cobalah untuk mengolah kol dalam banyak sekali macam hidangan sesuai selera Anda supaya tetap menikmati manfaat kol yang kaya akan manfaat.
Sumber http://www.1000macammanfaat.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Info Terkini Manfaat Wedang Uwuh Untuk Kesehatan

Info Terkini Manfaat Daun Kucai Untuk Kesehatan

Info Terkini Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan